Senin, 23 Februari 2015

Kekompakan Lebih Utama Daripada Sekedar Suara yang Bagus

Salah satu kontestan kompetisi acapella yang diadakan Pers Jurnalis MAN 3 Kediri.
KEDIRI – (21/02) Acara JMC ke-VII terus berlanjut dengan diadakannya berbagai perlombaan. Pada hari kedua diadakan perlombaan akapela. Akapela merupakan sejenis nasyid namun lebih modern dan biasanya ditambah dengan variasi gerakan. Lomba ini diikuti oleh enam peserta dari perwakilan tiap kelas dan di selenggarakan di kelas X-SOS 4. Lomba ini terkesan tertutup karena tidak dipertontonkan pada banyak orang dan di dalam ruang kelas hanya terdapat peserta lomba dan dua juri yaitu Ibu Aan Suryani, SPd. dan Bapak Nur Said, SAg.

Bagi siswa yang ingin menyaksikan lomba tersebut hanya bisa mendengar suaranya dari luar. Lomba tersebut berjalan dengan teratur dan efektif. Para peserta lomba dipanggil satu per satu memasuki ruang kelas dengan tertib. Dalam perlombaan akapela ini kostum tidak menjadi masalah. Namun, ada salah satu peserta dari kelas XI yang memakai kostum berupa almamater berwarna hitam.

Sangat disayangkan karena ada peserta lomba yang didiskualifikasi, penyebabnya yaitu karena terlambat, namun ada juga yang salah satu anggotanya  tidak bisa hadir. Bahkan, ada juga salah satu peserta yang mengundurkan diri.

Dalam perlombaan akapela tersebut, para peserta diberi waktu maksimal lima menit untuk tampil dan waktu tersebut dirasa sudah cukup. Malah, banyak peserta lomba yang hanya menampilkan akapela kurang dari lima menit.

Kendala yang mereka alami saat tampil yaitu grogi atau demam panggung. “Untuk mengatasi hal tersebut kita hanya perlu tenang dan tidak menganggapnya sebagai suatu perlombaan, tetapi cukup menganggapnya seperti menyanyi biasa”, ujar salah satu peserta lomba yang merupakan perwakilan dari kelas X-MIPA1.

Dalam lomba akapela tersebut, mereka menampilkan sebuah lagu yang berjudul Gundul-Gundul Pacul dan Gambang Suling, mereka menyanyikan lagu tersebut dengan kompak dan penuh semangat. Meskipun penampilan mereka tidak sebaik saat latihan. Namun, mereka telah berusaha menampilkan yang terbaik dan mereka yakin bisa lolos ke tahap selanjutnya. (expo)

Beberapa video acapella setiap peserta kompetisi tergabung dalam playlist berikut :

0 comments:

Posting Komentar